CIC Minta Kabareskrim Polri Usut Tuntas Dugaan Korupsi Bupati Simeulue

Selasa | 15 Juni 2021 | 23:12:47 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,-JAKARTA,--
Dewan Pimpinan Pusat Corruption Investigation Committee (DPP-CIC) secara resmi melaporkan Erli Hasim (Bupati Simeulue) di Bareskrim Mabes Polri dugaan korupsi.

Adapun laporan CIC tersebut merujuk pada sejumlah dokumen sebagai petunjuk alat bukti atas dugaan tindak pidana Korupsi.

Dokumen yang serahakan langsung oleh ketua umum DPP-CIC R.Bambang.SS tersebut tidak diuaraikan secara rinci namun pihaknya mengaku telah melengkapi semua dokumen dan bukti.

Menurut Ketua CIC R.Bambang SS, adapun alat bukti yakni dokumen proyek fiktif, mobil mewah, rumah di Jawa dan lainnya yang ditaksir telah merugikan Negara mencapai 17 Milyar Rupiah.

Saya sangat yakin Laporan Harta kekayaan Erli Hasim juga diduga kuat ada kebohongan, karena menurut data yang saya ketahui hartanya sudah sekitar 175 miliar rupiah," ujar R.Bambang.SS (15/6).

Lanjut dikatakan Bambang, selain data diatas, juga ada dugaan suap yang melibatkan oknum pengusaha yang mentransfer uang kepada Erli Hasim senilai 3,8 Milyar Rupiah dalam bentuk Cek.

Yang pasti berdasarkan dokumen yang kami miliki saat ini diduga kuat Erli Hasim telah terlibat dalam unsur penyalahgunaan wewenang dan atau perbuatan melawan hukum dalam hal tindak pidana korupsi, tambahnya.

Nah, sebagai masyarakat sudah merupakan kewajiban kita untuk bersama memberantas korupsi setiap perbuatan yang mengkhianati Negara khususnya terkait Korupsi untuk membantu tugas Kepolisian," tegas R. Bambang. SS Ketua Umum CIC.

CIC akan mendukung pihak Kepolisian dalam mengungkap kasus korupsi, serta mengawal kasus ini, hingga pelaku dapat diproses secara hukum yang berlaku, agar para pelaku jera, diharapkan kepada pihak penegak hukum mencabut hak "politik" pelaku korupsi seumur hidup. (f/red)