Personil Polres Ketapang Lakukan Pengamanan Pawai Malam Idul Adha

Senin | 17 Juni 2024 | 10:00:11 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,-Ketapang - Polda Kalbar,--Warga muslim Kabupaten Ketapang merayakan malam Takbiran Idul Adha dengan berbagai kegiatan. Salah satunya adalah menggelar pawai Takbiran keliling di jalan raya. Polres Ketapang menurunkan personilnya untuk memberikan pengamanan pawai malam takbiran yang dilaksanakan oleh warga masyarakat di sejumlah titik strategis di Kota Ketapang. Kegiatan pengamanan ini bertujuan untuk memastikan kelancaran dan keamanan pawai takbiran yang merupakan tradisi rutin menyambut Hari Raya Idul Adha.

Kapolres Ketapang, AKBP Tommy Ferdian, S.I.K., M.Sc., (Eng)., melalui Kasi Humas IPTU Drajat Pamungkas, menjelaskan bahwa pengamanan ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang merayakan malam takbiran. " Kami mengerahkan personil untuk mengamankan jalannya pawai malam takbiran agar masyarakat dapat merayakan malam yang penuh berkah ini dengan aman dan tertib," ujar IPTU Drajat Pamungkas.

Sejak sore hari, personil Polres Ketapang sudah mulai disiagakan di beberapa titik sumpul jalan dan jalur utama yang akan dilalui oleh pawai takbiran. Pengamanan dilakukan dengan menempatkan personil di sepanjang rute pawai, di persimpangan jalan, serta di titik-titik yang dianggap rawan kemacetan dan gangguan keamanan.

Pengaturan lalu lintas juga menjadi fokus utama dalam pengamanan ini. Personil Satlantas Polres Ketapang terus melakukan pengaturan untuk mengatur arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan yang berpotensi mengganggu kelancaran pawai. Kendaraan yang tidak berkepentingan dengan pawai diarahkan ke jalur alternatif untuk menghindari penumpukan kendaraan di lokasi pawai.

Selain pengaturan lalu lintas, Polres Ketapang juga mengerahkan tim patroli untuk berkeliling memantau situasi dan memastikan keamanan di sekitar area pawai. Patroli dilakukan secara rutin untuk mengantisipasi segala bentuk gangguan, mulai dari tindakan kriminal hingga potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

" Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ikut serta dalam pawai takbiran untuk tetap mematuhi aturan dan arahan dari petugas di lapangan. Keselamatan dan keamanan adalah prioritas utama kita bersama " tambah IPTU Drajat Pamungkas.

Masyarakat Ketapang menyambut baik upaya Polres Ketapang dalam memberikan pengamanan pawai malam takbiran. Mereka merasa lebih tenang dan aman dalam merayakan malam takbiran dengan khidmat dan penuh suka cita. Salah seorang peserta pawai, Bapak Heri, menyampaikan apresiasinya kepada Polres Ketapang. " Kami berterima kasih kepada Polres Ketapang yang sudah mengamankan pawai ini. Dengan adanya pengamanan, kami bisa mengikuti pawai dengan rasa aman dan nyaman," ujar Bapak Heri.

Pengamanan pawai malam takbiran ini merupakan bagian dari upaya Polres Ketapang dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat selama perayaan Idul Adha. Polres Ketapang berkomitmen untuk terus menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya, terutama pada saat-saat penting seperti perayaan hari besar keagamaan.

Dengan adanya pengamanan yang ketat dan terkoordinasi, diharapkan pawai malam takbiran Idul Adha di Kabupaten Ketapang dapat berjalan dengan lancar, aman, dan tertib. Polres Ketapang akan terus siaga dan berpatroli hingga seluruh rangkaian kegiatan malam takbiran selesai dan situasi kembali kondusif.

Hasnan Sutanto