Jubir KPK: Kasus Dugaan Korupsi di PT Amarta Karya Masih Berjalan

Rabu | 12 Juni 2024 | 11:53:58 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,-Jakarta
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut pihaknya masih mencoba menyelesaikan kasus dugaan rasuah proyek fiktif di PT Amarta Karya (Persero). Perkara itu sedikit lagi sampai tahapan akhir.

*Update (kasusnya) sebagaimana yang Mas Ali Fikri sampaikan sebelumnya, masih update yang termuktahir sampai dengan saat ini,* kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardika Sugiarto berdasarkan keterangannya yang dikutip pada Selasa, 11 Juni 2024.

Tessa belum bisa merinci detail perkara itu berdasarkan bukti yang sudah dikumpulkan saat ini. Keterlibatan pihak lainnya baru bisa dibuka dalam persidangan nanti.

Pihak yang mengetahui maupun menerima aliran dana terkait kasus ini pun dipastikan akan dibongkar dalam persidangan. Informasi itu pernah diusut dengan memeriksa Direktur Utama (Dirut) AirNav Indonesia Polana Banguningsih Pramesti.

*Karena penyidikannya masih berjalan dan status yang bersangkutan (Polana) masih sebagai saksi,* ucap Tessa.

Polana diperiksa KPK terkait kasus ini pada Rabu, 2 Agustus 2023. Dia diminta memberikan informasi terkait kasus dugaan proyek fiktif di PT Amarta Karya pada 2018 sampai 2020.

*Didalami pengetahuannya antara lain dugaan adanya aliran uang dari proyek fiktif PT AK (Amarta Karya) ke beberapa kegiatan bisnis perusahaan,* kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Kamis, 3 Agustus 2023.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK itu enggan memerinci aliran dana fiktif yang dipakai untuk kegiatan bisnis itu. Informasi serupa juga didalami dengan memeriksa Building Manager Kawasan Taman Melati Margonda Ashadi Cahyadi.

*Selanjutnya akan didalami dan dikonfirmasi lebih lanjut ke beberapa pihak,* ucap Ali.(bur/red)