Bupati Beltim Buka Program Aksi Konvergensi Stunting Tahun 2024

Selasa | 04 Juni 2024 | 21:58:48 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,- Manggar, Belitung Timur - Berdasarkan Peraturan Presiden No. 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, Bupati Belitung Timur Burhanudin menghadiri pembukaan aksi 3 rembuk stunting program aksi konvergensi stunting kabupaten Belitung Timur Tahun 2024 di Ruang Pertemuan Gunung Lumut Bappelitbangda, Selasa (4/6/2024).

Konvergensi Percepatan Pencegahan Stunting adalah Intervensi yang dilakukan secara terkoordinir, terpadu dan bersama-sama. Ini dilakukan dengan menyasar kelompok sasaran prioritas yang tinggal di desa untuk mencegah stunting.

Dengan demikian, Pemerintah Kabupaten Belitung Timur terus berupaya menekan angka stunting. Dimana Angka prevalensi stunting Kabupaten Beltim saat ini sebesar 17,30 masih yang terendah di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Berdasarkan angka elektronik-Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (E-PPGBM) angka prevalensi stunting Kabupaten Beltim pada Februari 2024 sebesar 4,76 persen. Angka ini menurun jika dibandingkan dengan angka prevalensi stunting Oktober 2023 yaitu sebesar 4,99 persen.
Meski begitu masih ada beberapa kasus stunting di desa yang butuh penanganan khusus.

Untuk itu, Bupati Belitung Timur Burhanudin (Aan) pun memerintahkan agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Perusahaan, perbankan, bahkan TNI/Polri ikut atasi stunting.

" Kita tidak ingin membebankan masalah stunting ini pada satu OPD saja, karena ini permasalahan strategis daerah. Semua harus berintegrasi, baik OPD, swasta dan TNI/Polri. Karena stunting itu bukan hanya sekedar penanganan gizi buruk, tapi juga intervensi lain yang akan menurunkan prevalensi atau pun kasus hingga mendekati 0. Semuanya harus berintegritas," ujarnya.