Peletakan Batu Pertama Rutilahu Suku Sawang Gantong

Sabtu | 01 Juni 2024 | 06:14:28 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,- Gantung, Belitung Timur - Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safriati Safrizal dalam rangka penerapan program Gerakan Serentak Guna Eliminasi Kemiskinan dan Stunting (Rampak Gemintang) mengunjungi pemukiman Suku Sawang Gantong yang berada di RT 04 Dusun Seberang, Desa Selinsing, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur. Jumat (31/5/2024).

Perumahan suku sawang ini berupa kompleks luas yang berisi 44 bedeng sederhana yang berderet membentuk formasi U. Kompleks bangunan sederhana berdinding batu bata dan beratap seng, terlihat begitu padat. Dengan melihat keadaan seperti itu, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Program Rampak Gemintang melalui PUPR Provinsi Babel akan merealisasikan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) bagi Suku Sawang Gantong.

Dalam lawatannya, Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safriati Safrizal menerangkan bahwa akan ada 40 rumah yg akan mendapatkan bantuan dari 70 lebih data yang masuk.

" Bapak dan ibu sekalian ini direlokasi, dipindahkan ke tempat yang lebih layak yang lebih bagus yang lebih pantas dan satu yang harus benar-benar ibu bapak perhatikan adalah terkait dengan PHBSnya. PHBS itu adalah perilaku hidup bersih dan sehat," ujar PJ Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safriati Safrizal.

" saya dengar tadi informasinya bahwa memang masih ada keterbatasan air bersih, dari dinas PUPR beserta seluruh jajaran itu sudah memikirkan apa yang terbaik yang bisa diberikan untuk bapak dan ibu supaya tetap bisa hidup lebih layak. Nanti akan dibangunkan lebih dulu MCK umum, nanti akan dibuatkan satu sumur untuk fasilitas umum," lanjutnya.

Diakhir sambutannya PJ Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safriati Safrizal menyampaikan pesan Bapak PJ Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal Zakaria Ali. Dimana Bapak Pj berjanji apabila kami masih bertugas di Provinsi Bangka Belitung ini akan datang lagi pada saat serah terima rumah.

Setelah bertatap muka dengan warga Suku Sawang di pemukiman Suku Sawang Gantong Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safriati Safrizal bersama rombongan melanjutkan meninjau lokasi pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) bagi Suku Sawang Gantong dan melakukan peletakan batu pertama secara simbolis menandai dimulainya pembangunan Rutilahu tersebut.