PT PPG Sukses Kembangkan Bibitan Unggas Melalui Riset Genetik

Sabtu | 30 September 2023 | 14:59:32 WIB
Kejaksaan Agung RI

FOTO : ISTIMEWA/MEDIAKOTA

MEDIAKOTA.COM,-PT. Putra Perkasa Genetika (PPG) yakni perusahaan yang berkiprah dalam peternakan dan pembibitan unggas yang sukses melakukan riset terhadap unggas lokal menjadi bibitan yang unggul dan berkualitas hadir di acara gelar inovasi produk pangan berbasis sumber daya lokal yang di selenggarakan oleh PDIP dalam Rakernas PDIP ke 4, di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Jumat, 29/9/2023.

"Kita adalah perusahaan genetik yang berfokus pada pengembangan unggas lokal untuk bibitan yang unggul dan berkualitas." Kata Dirut PT. PPG Renaldy Anggada pada media, di lokasi acara.

Dalam acara yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan ribuan kader PDIP se Indonesia, PT PPG dengan bangga memperkenalkan hasil risetnya terhadap genetik unggas kepada bangsa dan negara dengan menghadirkan langsung bibitan unggas diantaranya, ayam broiler, ayam kampung, bebek, telur dengan aneka warna kulit dan lainnya di dunia perunggasan.

Renaldy menambhkan dalam pameran ini PT PPG ingin menunjukan kepada pemerintah bahwa Indonesia telah mampu memenuhi kebutuhan unggas dalam negeri dengan bantuan genetik unggas yang di hasilkan oleh PT PPG.

"Dalam pameran ini kita lebih menonjolkan ayam broiler, karena di dunia hanya ada tiga negara yang memiliki ayam broiler, yakni Amerika, Eropa dan Indonesia." Terang Renaldy.

Renaldy berujar bahwa hampir semua makanan cepat saji saat ini menggunakan ayam impor. Untuk itu ia berharap kepada pemerintah agar di TKDN nya dinaikan lagi, ia menyebut hal ini sangat menghambat perekonomian.

"Seharusnya uang itu berputar di lokal, ini malah berputar di luar negeri."

"Saya mohon bantuan pak Presiden agar membantu kita para pengusaha lokal agar dapat berkembang di negeri sendiri, menginggat riset kita terhadap ayam broiler telah menghabiskan dana hingga milyaran rupiah untuk mendapatkan bibitan yang berkualitas dengan dana sendiri." Harap Renaldy.

"Sekalilagi kami mohon pak Presiden memperhatikan kita penggusaha lokal dengan menyetop impor unggas." Ujarnya lagi.

Kepada media ini, Renaldy menerangkan bahwa perkembangan hasil genetik unggas yang dihasilkan oleh PT PPG contohnya ayam broiler yang dapat di panen lebih awal dari biasanya.

"Dimana-mama ayam kampung itu bisa panen 4 hingga 5 bulan, karena ini perusahaan genetik kita bisa pangkas untuk panennya menjadi 2 bulan.

"Untuk bebek 80 % di pasaran berasal dari indukan PPG. Bebek di luar bisa 3-4 bulan baru panen, kita 1 bulan udah bisa panen dengan bobot 2 kg." Tambah Renaldy.

"Untuk bebek saya berterimakasih kepada pemerintah karena mampu menyetop impor bebek dari luar negeri dan dalam kesempatan ini saya ingin membuka mata pemerintah bahwa ayampun kita tidak usah impor karena kita udah bisa berdaulat jadi tinggal tunggu gong pak Jokowi." Ujar Renaldy.(yr)